Demo Site

Jumat, 04 Desember 2015

Adaptasi pada Makhluk Hidup

Adapatasi mempunyai pengertian yaitu suatu kemampuan dari makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya .

Macam" Adaptasi :

A. Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi adalah suatu penyesuaian yang dilakukan oleh makhluk hidup baik hewan, tumbuhan atau manusia melalui perubaan bentuk organ tubuh yang berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lama demi kelangsungan hidupnya. Adaptasi morfologi ini mudah untuk kita amati dan lihat bila dibandingkan dengan adaptasi fisiologi. Adaptasi ini terjadi karena adanya perbedaan jenis makanan dan habitat.
HEWAN
~ Bentuk paruh dan kaki pada burung
Adaptasi Morfologi 
~ Bentuk mulut pada serangga
~Tipe gigi mamalia
   TUMBUHAN
-   Tumbuhan xerovit : Tumbuhan xerovit merupakan tumbuhan yang hidup di habitat yang kekurangan air atau kering.  
-    Tumbuhan hidrofit : Pengertian dari tumbuhan jenis ini adalah tumbuhan yang hidup di habitat yang banyak airnya,
-     Tumbuhan higrofit : Lanjut ke jenis tumbuhan higrofit yang merupakan jenis tumbuhan yang hidup di habitat yang lembab,

B. Adaptasi Fisiologi

Setelah membahas tentang adaptasi morfologi, kini giliran adaptasi fisiologi. Adaptasi ini merupakan upaya penyesuaian fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Biasanya adaptasi fisiologi melibatkan zat-zat kimia tertentu untuk membantu proses metabolisme tubuh. Adaptasi fisiologi tidak mudah diamati seperti pada adaptasi morfologi dan adaptasi tingkah laku. Alasannya adalah karena adaptasi fisiologi berkaitan erat dengan fungsi tubuh. Adaptasi fisiologi ini dapat terjadi pada semua makhluk hidup baik hewan, tumbuhan dan manusia.

1. Adaptasi fisiologi pada hewan dan manusia

Herbivora adalah hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan

Karnivora dalah hewan pemakan daging-dagingan

Omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan daging 

2. Adaptasi fisiologi pada tumbuhan

  • Tumbuhan tertentu mengeluarkan bau yang khas untuk menarik serangaa. Sebagian tumbuhan menarik serangga untuk dimakan, dan sebagian lagi menggunakan serang supaya dapat membantu proses penyerbukan, contoh pada bunga mawar.
  • Tumbuhan mengeluarkan nektar pada bunga untuk menarik serangga, contoh kembang sepatu
  • Tanaman atau tumbuhan seperti cemara dan juga sukun akan beradaptasi fisiologi dengan cara mengeluarkan metabolit sekunder berupa alelopati. Metabolit sekunder berupa alelopati ini dapat dan mampu menghambat pertumbuhan tanaman lain yang berada di sekitarnya.

C. Adaptasi tingkah laku

Pengertian dari adaptasi tingkah laku adalah suatu penyesuaian diri yang dilakukan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya dengan cara mengubah tingkah laku supaya dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Adaptasi tingkah laku ini lebih kita amati dan kita lihat apabila dibandingkan dengan adaptasi yang sebelumnya yaitu adaptasi fisiologi. Adaptasi tingkah laku ini biasanya berkaitan erat dengan makanan, udara dingin dan sistem pertahanan pada beberapa hewan. Adaptasi tingkah laku beberapa jenis hewan akan dibahas dalam uraian berikut ini :

1. Adaptasi tingkah laku pada hewan

  • Salah satu hewan yaitu rayap akan melakuakan adaptasi tingkah laku yang agak aneh yaitu dengan memakan kembali kulitnya yang sudah terkelupas pada saat melakukan pergantian kulit (molting). Perilaku ini dilakukan oleh rayap untuk mendapatkan enzim pencerna selulosa pada kayu. Enzim pencerna tersebut dihasilkan oleh Flagellata (sejenis mikroorganisme) yang hidup dalam pencernaan rayap. Oleh sebab itu rayap akan kembali memakan kulit dan bagian usunya yang sudah terkelupas. Selain itu juga, rayap yang masih kecil atau baru saja menetas akan menunjukan adaptasi tingkah laku dengan menjilati dubur induknya. Tingkah laku ini dilakukan oleh rayap kecil dengan tujuan agar flagellata dalam saluran pencernaan induknya dapat masuk dalam saluran pencernaanya.
  • Bila kita amati, kerbau adalah hewan yang sangat suka mandi di lumpur atau sungai. Tingkah laku ini dilakukan oleh kerbau dengan tujuannya untuk mengurangi pengaruh panas yang ada pada tubuhnya.
  • Pada umumnya penguin hidup di daerah kutub yang mana suhu udaranya sangat dingin. Penguin ini hidup secara berkelompok/bergerombol. Tingkah laku hidup berkelompok dilakukan oleh penguin dengan tujuan agar lebih hangat.

2. Adaptasi tingkah laku pada tumbuhan

  • Pohon jati menggugurkan daunnya (meranggas) pada musim kemarau. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penguapan sehingga dapat menghemat cadangan air.
  • Daun tanaman jagung menggulung saat udara sangat panas untuk mengurangi penguapan air.
 
Adaptasi Fisiologi adalah penyesuaian fungsi alat tubuh suatu makhluk hidup terhadap keadaan lingkungannya. Adaptasi ini tidak dapat dilihat langsung oleh mata. Karena pada adaptasi fisiologi menyangkut tentang fungsi organ-organ bagian dalam tubuh makhluk hidup dengan lingkungannya. Seperti fungsi jantung manusia untuk beradaptasi dengan daerah tinggi. - See more at: http://sainsforhuman.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-macam-dan-contoh-adaptasi12.html#sthash.X5CuZz0k.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar